Belajar Fotografi Foto Produk

Jan 27

Gambar atau foto portret produk yang representatif sangat penting untuk membuat orang tertarik membeli produk anda. Karena semua orang tahu bahwa melalui internet calon pembeli tentu saja tidak bisa melihat secara langsung produk yang anda jual.
Lalu, bagaimana caranya agar anda bisa mendapatkan hasil foto portrait yang baik? Berikut ini ada beberapa tips yang bisa membantu anda membuat foto produk yang baik:
1. Sediakan waktu khusus untuk memotret. Usahakan agar anda bisa berkonsentrasi penuh untuk memotret produk anda. Jika terburu-buru, hasil foto produk anda akan terlihat tidak maksimal dan kurang baik.
2. Memotret di siang hari. Jika anda menggunakan peralatan kamera standar (bukan kamera professional atau jasa fotografi, atau foto studio), lebih baik gunakan kekuatan sinar matahari untuk pencahayaan. Hal ini penting diperhatikan karena kekuatan sinar flash dari kamera kadang membuat warna produk menjadi berbeda dengan aslinya dan kekuatannya tidak mencukupi untuk bisa menampilkan keindahan produk anda. Selain itu jika produk anda termasuk benda yang bisa memantulkan sinar dan anda menggunakan sinar flash, akan tampak ada pantulan cahaya di produk anda.
3. Tata rapi produk anda. Jangan asal memotret, untuk produk sandang, pasang produk pada manekin, buka lipatannya, dan jika mungkin, setrika terlebih dahulu agar tidak terlihat garis bekas lipatan. Pakaikan pada model, agar calon pembeli bisa membayangkan bentuknya saat dikenakan.
4. Perhatikan detail. Jika produk memiliki detail yang ingin ditonjolkan, ambil foto dari beberapa sudut. Dan juga foto close up di foto studio detail yang ingin diperlihatkan.
5. Ambil beberapa foto untuk satu produk. Hal ini akan memudahkan anda untuk memilih foto terbaik yang akan ditampilkan.
6. Pergunakan backdrop polos. Sebisa mungkin gunakan latar belakang polos untuk memudahkan proses pengeditan.
7. Edit foto sebelum di-upload. Besarnya file foto yang kita upload akan mempengaruhi kecepatan download website/blog kita. Sesuaikan resolusi dan besarnya gambar yang akan di-upload. Biasanya resolusi yang cukup ”web friendly” adalah resolusi vga (800×600 pixel).
8. Be creative! Jangan hanya memotret produk apa adanya. Tambahkan elemen-elemen lain yang bisa mempercantik produk. Siapa tahu elemen tersebut malah bisa kita jual juga.

Jika anda mengalami kesulitan dalam membuat foto produk anda , dan budget anda terbatas, StudioFotografi akan bantu dengan sepenuh hati mewujudkan webstore/blog anda dengan maksimal

dikutip dari berbagai sumber

468 ad

4 comments

  1. Thanks ya buat pencerahannya.. baru mau belajar buat foto product nech.. Artikel yang sangat membantu…

  2. yanti andrea /

    Saya yanti EO untuk event Pameran Fotografi di Hall c lantai GF Mangga 2 Square yg akan diselenggarakan pada tanggal 5-16 Juni 2013 , mengajak produk fotografi untuk ikut serta menjadi peserta pameran , hrg stand Rp.1.000.000 selama event (12 hari).fasilitas : space 2x2m, meja 1, kursi 2, karpet, pemasangan 2 titik umbul2 dan 2 titik spanduk di area mal.
    Untuk komunitas silakan dapat mengisi acara dgn gratis, kami sediakan:stage, sound system, voucher makan & belanja juga kursi sebanyak undangan member komunitas yang hadir.
    Untuk info silakan hubungi 087889060893 yanti. Terima kasih.

Leave a Reply

SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline