Fotografi Dasar 2

Jan 24

KECEPATAN RANA (SHUTTER-SPEED)

Shutter adalah alat yang membatasi antara lensa dengan media film atau sensor. Alat ini akan membuka ketika tombol shutter ditekan dan menyebabkan media terekspos oleh cahaya. Posisinya digambarkan pada diagram berikut:

Speed setting akan mengatur lamanya waktu terbukanya shutter. Shutter speed dinyatakan dengan angka 4000, 2000, 1000, 500, 250, 125, 60, 30, 15, 8, 4, 3, 2, 1”, 2”, 4”. Angka-angka pada shutter speed setting merupakan penyebut dari waktu sensor terbuka. Misalnya, speed 250 berarti sensor terbuka 1/250 detik.

Waktu terbuka di atas 1 detik ditandai dengan tanda kutip ( “ ), misalnya 2” berarti sensor terbuka selama 2 detik. Waktu terbuka yang lebih panjang berarti bahwa sensor menerima cahaya yang lebih banyak. Beberapa kamera memiliki shutter speed tercepat hingga 1/8000 s dan speed lambat hingga 30 s. Kamera-kamera profesional mungkin memiliki kecepatan yang ditandai dengan huruf B (Bulb), yaitu setting yang akan terus membuka shutter selama tombol ditekan.

Setiap perubahan pada kecepatan maupun bukaan dikenal dengan istilah f-stop. Perubahan dari 2000 ke 1000 atau dari 500 ke 250 disebut dengan 1 langkah f-stop. Perhatikan bahwa pada setiap langkah, angkanya berubah menjadi ½ dari sebelumnya. Artinya, untuk setiap langkah perubahan, banyaknya cahaya yang sampai pada sensor akan berlipat 2.

Pada ilustrasi berikut, banyaknya cahaya yang sampai pada sensor adalah volume dari tabung cahaya. Panjang tabung menunjukkan lamanya pencahayaan, sedangkan diameter tabung menunjukkan lebar bukaan (aperture).

di pagi hari yang cerah, Anda dapat menggunakan shutter speed yang cepat, misalnya 1/250 s

Namun pada kondisi mendung dan intensitas cahaya berkurang, Anda harus memperlambat shutter speed agar waktu pencahayaan menjadi lebih panjang, misalnya menjadi 1/30 s

Pada kondisi tertentu, mungkin perlu digunakan shutter speed lebih cepat dikombinasikan dengan bukaan lebar

Atau justru sebaliknya, shutter speed lebih lambat dengan bukaan sempit

Intinya, perbedaan setting shutter speed akan menyebabkan perbedaan lamanya waktu pencahayaan. Pada bukaan aperture yang sama, banyaknya cahaya yang diterima sensor adalah sebanding dengan lama waktu pencahayaan.

Untuk lebih memahami tentang kecepatan, Anda dapat mencoba beberapa setting. Jika kamera Anda memiliki mode M, gunakan mode tersebut dengan nilai aperture tetap, misalnya f/5.6. Lalu lakukan pemotretan dengan beberapa shutter speed, misalnya 250, 125, 60. Amati perbedaan yang dihasilkan dari setiap setting.

Setelah itu, cobalah menggunakan speed lambat, misalnya 1”, 2” atau 4”, perhatikan perbedaan waktu antara saat Anda menekan tombol shutter dengan saat terdengarnya suara shutter tertutup.

Foto berikut dibuat dengan speed lambat:

BUKAAN RANA (APERTURE WIDTH)

Aperture akan mengatur luas bukaan jendela melalui lensa menuju sensor.  Aperture terdiri dari beberapa bilah penutup (blade) yang dapat bergerak sedemikian hingga membentuk lubang kecil di tengahnya. Pada era kamera analog, pengaturan aperture dilakukan melalui aperture ring pada lensa. Saat ini, baik speed maupun aperture dilakukan lewat kamera. Contoh bentuk aperture:

Aperture dinyatakan dengan angka-angka 22. 16, 11, 8, 5.6, 4, 2.8. Angka-angka pada aperrture setting merupakan penyebut dari diameter bukaan lensa. Misalnya f/4 berarti diameter bukaan 1/4 inch. Artinya, semakin kecil angka aperture, berarti diameter bukaan lensa menjadi lebih besar.

Lebar bukaan rana dapat digambarkan sebagai berikut:

Atau dapat juga digambarkan seperti ini:

Perhatikan bahwa jendela cahaya pada lensa berbentuk seperti lingkaran. Cahaya yang masuk akan sebanding dengan luas bukaan aperture, atau kuadrat dari jari-jarinya (atau ¼ dari kuadrat diameternya). Oleh karena itu, untuk memperoleh cahaya 2 kali lebih banyak, diperlukan pertambahan diameter sebesar 1.4 (= akar 2) kali diameter sebelumnya. Jadi, sebagaimana pada shutter speed, setiap perubahan f-stop pada aperture berarti pertambahan cahaya 2 kali lipat.

bersambung …

468 ad

Leave a Reply


SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline