Step By Step Mendesain Website

Feb 06

*) oleh Brian Arfi

http://rumahdot.com/web-design/step-by-step-mendesain-website/

Dalam sebuah tim web development sebuah website idealnya membutuhkan seorang web designer dan seorang programmer (dalam proses produksi). Tugas seorang web designer adalah merancang tampilan sebuah web dengan mempertimbangkan beberapa faktor, antara lain usability, visibility, flexibility, aesthetics dan tentu saja creativity. sedangkan seorang web program bertugas untuk coding dengan menggunakan bahasa pemrograman yang dibutuhkan dan dengan mempertimbahkan kecepatan akses juga.

Disini saya akan membahas bagaimana proses untuk mendesain website dari awal hingga bisa diserahkan kepada programmer untuk proses codingnya.

Hal pertama yang dibutuhkan adalah proses layout, proses seperti ini bisa dibuat dengan sketsa kasar disebuah kertas atau menggunakan software yang banyak tersedia di internet dengan lisensi free. dalam proses ini hal-hal seperti usability, visibility, flexibility, aesthetics sangat diperhitungkan, kita tidak ingin sebuah website itu bagus dari segi desain tapi user tidak bisa mengoperasikan dengan mudah dan dibuat bingung.

Ketika proses layout selesai proses selanjutnya adalah mendesain apa yang ada di layout tadi. Kita bisa menggunakan software Photoshop, Illustrator, fireworks dan software-software lain kesukaan kita. dalam proses desain ini hal yang perlu diperhatikan adalah proses kreatifitas, karena dalam proses layout tadi kita hanya menggambar dasar/kasar saja, bagaimana proses kreatifitas ketika membuat tombol, kotak, menu, dll. tentu juga masih memperhatikan mudah tidaknya sebuah elemen desain itu untuk user dan sesuai dengan konsep websitenya.

Bagus tidaknya sebuah desain itu relatif, hal yang paling utama adalah bagaimana kita membuat user merasa nyaman dan betah mengunjungi website. perilaku user seperti ini sudah diteliti, bagaimana user ketika melihat sebuah website itu men-scan website dengan mata berdasarkan tata letak elemen-elemen desain.

Proses selanjutnya adalah proses memotong-motong hasil desain (slicing). Proses slicing ini bisa dibilang gampang-gampang susah karena dalam proses slicing ini mudah tidaknya ditentukan oleh hasil desain itu sendiri, semakin simple sebuah desain akan mudah dalam slicing.

Setalah proses slicing selesai langkah selanjutnya adalah coding XHTML dan CSS. diusahakan dalam proses ini menggunakan hard coding maksudnya tidak menggunakan software-software visual seperti dreamweaver. kenapa saya bilang begitu? alasannya adalah supaya kita lebih mengerti bagaimana suatu tag-tag/code-code itu menghasilkan objek, jika kita menggunakan software seperti dreamweaver kemungkinan besar kita akan cuek terhadap tag-tag/code-code nya. tapi bagi pemula hal itu tidak masalah, karena dulu saya juga melakukan hal yang sama :) menggunakan dreamweaver, ketika saya memutuskan untuk meninggalkan software tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama untuk proses coding ini, misalkan ketika menggunakan dreamweaver saya membutuhkan waktu 3 jam untuk CSS dan XHTML, lalu pindah ke teknik hard coding pertama kali saya kebingungan dan membutuhkan waktu hampir 2 hari untuk selesai :D

Tugas seorang webdesigner berakhir sampai disini, dari sini kita menyerahkan kepada programmer untuk tahap selanjutnya. tapi jika seorang web programming kebingungan dengan pekerjaan Anda hendaknya Anda harus turun tangan untuk membantunya :)

468 ad

2 comments

  1. Siip terima kasih sekali y…atas penjelasannya disini…saya sudah mencari di berbagai web….eh akhirnya ketemu juga disini 🙂 …

  2. Koez /

    masukan yang bagus untuk tugas akhir saya,…. terima kasih ….

Leave a Reply


SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline